Bintik Putih Pada Lidah Merupakan Gejala Serius

 

Join-snafu.org – Ketika kita dalam kondisi yang sehat atau kondisi tubuh normal maka warna lidah kita akan berwarna merah muda. Ini sudah bukan hal asing lagi dalam dunia medis, hanya dengan melihat warna lidah kita saja sudah bisa membaca kondisi tubuh. Namun, ketika lidah berwarna putih maka ini menunjukan ada masalah pada lidah kalian. Mungkin saja ada plak yang menetap pada lidah kalian.

Lidah secara alami mampu membersihkan sendiri permukaannya dan mampu mengupgade kondisi sel-selnya dipermukaan. Kemampuan ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan membuang sel-sel yang telah mati. Namun, lidah terlihat berwarna putih memiliki beberapa faktor penyebabnya.

“Kondisi ini bisa terjadi karena usia, mulut kering, dan penggunaan alkohol. Bisa juga karena Anda terserang demam atau penyakit. Anda bisa menyingkirkan plak lidah dengan menggunakan obat kumur. Dengan kata lain, ini bukanlah masalah yang serius,” kata dr. Fariba Younai seorang Profesor Kedokteran Gigi Klinis di UCLA School of Dentistry, AS.

Meskipun hal ini bukan kondisi yang serius tetapi ada penyebab lain yang perlu diperhatikan. Plak pada lidah ini hanya akan menyebabkan bau mulut, tetapi jika terlihat bintik-bintik putih pada lidah ini merupakan salah satu gejala infeksi jamur, inflamasi, atau bisa jadi kanker lidah.

Bila melihat tanda-tanda demikian sebaiknya segera periksakan ke dokter. Lidah yang normal adalah yang berwarna merah muda dan tertutup papilla kecil. Untuk menjaga kesehatan lidah dan mengurangi bau mulut sebaiknya ketika menggosok gigi jangan lupa untuk menggosok lidah dengan sikat gigi supaya menghilangkan bakteri yang ada pada permukaan lidah.


|


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *