Jenis Obat Sakit Perut Yang Menyebabkan Kematian

 

Join-snafu.org – Mengkonsumsi obat sakit perut ternyata dapat memicu resiko mengalami kematian. Penelitian dilakukan pada orang yang mengkonsumsi obat sakit perut berjenis inhibitor pompa-proton (PPI).

Obat ini memang sangat terkenal di dunia. Hasil penelitian menyebutkan obat sakit perut tersebut memiliki resiko kematian yang lebih tinggi dari pada orang yang mengkonsumsi jenis obat sakit maag lainnya.

Obat sakit perut seperti Prevacid dan Nexium merupakan obat yang masih dalam golongan PPI. Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMJ Open hampir 8% orang dewasa yang berada di Amerika Serikat diberi obat PPI.

Obat sakit perut ini dapat memicu meningkatkan risiko penyakit ginjal dan infeksi bakteri.

“Orang menganggap obat PPI sangat aman karena banyak tersedia. Tapi ada risiko berbahaya saat mengonsumsi obat ini, terutama konsumsi jangka waktu yang lama,” ujar DR. Ziyad Al-Aly seorang asisten profesor kedokteran di Washington University School of Medicine di St Louis di Missouri, Amerika Serikat.

Diperkirakan dalam lima tahun kedepan resiko kematian akibat obat sakit perut ini mencapai 25%. Dan bagi m,ereka yang mengkonsumsi obat ini dalam jangka dua ytahun akan memiliki risiko 50% lebih besar dari pada mereka yang mengkonsumsi obat maag jenis H2 blocker.


|


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *