Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

 

 

Join-snafu.org – Kayu manis mempunyai bau yang harum dan rasa yang enak sehingga banyak orang yang menambahkan bahan ini pada masakan. Bahan rempah-rempah ini mengandung mineral, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, tembaga, selenium, dan zinc dalam jumlah kecil. Selain itu, kayu manis juga mengandung banyak vitamin seperti A, B2, B3, serta vitamin K.

Tidak hanya digunakan untuk bumbu makanan, kayu manis juga memiliki berguna bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari kayu manis :

1. Antibakteri

kayu manis dapat digunakan untuk membantu meredakan gejala flu. Seorang dokter bernama Dr Nada Milosavljevic, MD mengungkapkan kayu manis dapat menyetop pertumbuhan bakteri dan juga jamur. Komponen utama pada kayu manis dinilai sebagai sumber kekuatan untuk mengatasi infeksi dan efek antibakteri sudah digunakan membasmi bakteri Salmonella dan Listeria.

2. Mengatasi Inflamasi

“Salah satu komponen penting dari kayu manis, cinnamyl alcohol, yang berkontribusi terhadap pelepasan histamin, telah ditunjukkan di beberapa penelitian laboratorium untuk memberi efek anti-inflamasi,” ungkap Dr Milosavljevic.

Bila kalian mengalami peradangan sendi, sakit kepala ataupun pembengkakan lainnya pada tubuh kalian dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi kayu manis. Kayu manis akan menstimulasi aliran darah yang dapat meredakan nyeri otot.

3. Meningkatkan kemampuan otot

Kayu manis dapat membantu menjaga imunitas dari masalah neurologis seperti alzheimer dan parkinson.

“Kayu manis melindungi fungsi kognitif dan kesehatan otak dengan cara mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel otak dari mutasi dan mengalami kerusakan,” ujar praktisi fungsional, Dr Josh Axe.

“Ini akan mengurangi efek negatif dari stres oksidatif dengan menghentikan sel dari morphing dan self-destructing,” ungkapnya.


|


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *