Ini Alasan Mengapa Muncul Memar Tiba-Tiba

 

 

Join-snafu.org – Mungkin kalian kerap mengalami memar yang muncul dengan tiba-tiba pada kulit. Padahal kalian tidak mengalami benturan atau pun terjatuh yang menyebabkan memar tersebut. Ada sebuah mitos masyarakat yang dipercaya oleh sebagian orang bahwa memar yang muncul dengan tiba-tiba merupakan “dijilat setan”.

Sebenarnya keadaan tersebut dapat dijelaskan dari sudut pandang medis. Dilansir dari MSD Manuals, memar yang muncul tiba-tiba merupakan kondisi purpura simplex. Keadaan yang terjadi karena rapuhnya pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah menjadi mudah pecah (terbuka).

Pendarahan akan terjadi apabila pembuluh darah terbuka sehingga menyebabkan kulit pada area tersebut mengalami perubahan warna menjadi biru-keunguan.

Purpura simplex sangat sering terjadi dan merupakan keadaan yang normal, dan biasanya purpura simplex terjadi pada para wanita. Memar biasanya terjadi pada area paha, lengan atas dan juga bokong.

Untuk mencegah munculnya memar tersebut, sebaiknya tidak mengkonsumsi aspirin atau obat anti peradangan dan juga obat yang mengandung aspirin karena aspirin dapat menyebabkan pendarahan kronis.

Sebenarnya belum ada bukti yang menunjukkan memar akan semakin parah akibat penggunaan aspirin, bila pasien berobat ke dokter sebaiknya pasien diyakinkan bahwa memar yang muncul dengan tiba-tiba tidak begitu parah.


|


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *