Tisu Ekstrak Daun Kemangi Sebagai Pertolongan Pertama Pada Asma

 

 

Join-snafu.org – Dua siswi dari kota industri Cilacap telah menciptakan inovasi terbaru pada dunia kesehatan dengan membuat tisu kering dari ekstrak kemangi yang dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama pada penderita asma.

Dua siswi tersebut merupakan siswi kelas 11 SMA Negeri 3 Cilacap, bernama Syarifa Nurmarwaa dan Efni Fadila dari SMA. Mereka berdua membuat tisu kering tersebut berdasarkan kenyataan kesehatan pada lingkungan mereka yang merupakan kawasan industri.

“Kota Cilacap itu kota industri. Ini banyak membuat orang yang tinggal di sekitar pabrik alami masalah pernapasan, seperti asma, ISPA, flek. Kita juga melihat banyak penderita asma suka lupa membawa obat. Makanya, kita bikin penanganan asma yang praktis dalam bentuk tisu,” kata salah satu dari dua siswi tersebut.

Pada acara Indonesia Science Expo 2017 yang diadakan di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (25/10/2017) mereka berdua menjelaskan mengapa memilih daun kemangi sebagai obat pereda penyakit asma.

“Kenapa kemangi? Karena di dalamnya ada senyawa ayuvredik ekspektoran yang bisa meredakan pernapasan,” tutur mereka.

Produk yang berbentuk tisu kering tersebut dibuat dengan melalui tahapan proses penjemuran daun kemangi, kemudian maserasi alkohol 95 persen, filtrasi, dan evaporasi lalu ditambahkan air oksigen kemudian direndam dalam bahan tisu.

“Cara pakainya, tisunya tinggal didekatkan ke hidung saat asma kambuh. Ini sudah dicoba pada 5 responden penderita asma yang sedang kambuh dan ini efektif untuk pertolongan pertama,” tandas mereka.


|


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *