Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kimchi, Ini Akibatnya

 

 

 

Join-snafu.org – Salah satu makanan fermentasi yang berasal dari Korea yang dikenal menjadi salah satu makanan paling sehat di dunia, yakni Kimchi. Makanan tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi serta vitamin da mineral. Meskipun demikian, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kimchi secara berlebihan karena dapat menyebabkan diare.

Menurut seorang ahli gizi, Jansen Ongko mengungkapkan makanan yang melalui proses fermentasi seperti kimchi, yogurt, tempe gembus baik bagi kesehatan pencernaan. Adanya bakteri baik yang dihasilkan dari proses fermentasi akan lebih memudahkan dalam proses penyerapan makanan tersebut. Tetapi, bila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan seseorang harus berbolak balik ke kamar mandi.

“Jika mengonsumsi makanan fermentasi berlebihan akan membuat ketidakseimbangan mikroorganisme di usus. Ini yang membuat seseorang jadi diare,” ungkap Jansen.

“Jadi, jangan dipikir kayak misalnya makan yogurt, kimchi, tempe gembus itu bisa dimakan banyak. Enggak bisa (dimakan) banyak juga,” ungkapnya.

Memang sampai sekarang belum terdapat batas toleransi orang dalam mengkonsumsi makanan yang berasal dari proses fermentasi. Setiap individu mempunyai toleransi yang berbeda sehingga diperbolehkan memakan kimchi sejauh tidak mengganggu pencernaan.

“Jadi makan setiap hari boleh, malah itu menjaga kesehatan gut mikrobiota di usus. Tapi jangan dalam porsi banyak,” tuturnya.

Bagi orang yang tengah mengalami diare, Jansen menghimbau untuk tidak mengkonsumsi makanan fermentasi terlebih dahulu seperti kimchi. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang lebih mudah diserap misalnya nasi putih atau air kelapa.


|


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *