Berhijab juga Menjadi Salah satu Faktor Yang Membuat Rambut Rontok

Join-snafu.org – Seperti yang sedang tren fashion saat ini memang banyak sekali wanita yang memutuskan untuk berhijab. Dengan memakai hijab yang kurang tepay ternyata memiliki potensi menimbulkan rambut yang mudah rontok lho.

Menurut dr. Gloria Novelita, SpKK, sedikitnya ada tiga penyebab yang bisa menimbulkan rontoknya rambut yakni dari gen (keturunan), penyakit, dan gaya hidup. Salah satu gaya hidup yakni juga meliputi penataan rambut dan juga mnggunakan jilbab.

“Bukan karena hijabnya, tapi styling-nya. Misalnya pemakaian ciput atau dalaman hijab yang terlalu lama memberikan efek tekanan pada rambut. Tekanan ini yang membuat rambut rontok,” kata Gloria saat peluncuran Dove Hairlympic Studio di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2018).

Dengan kondisi yang semakin diperparah lantaran penataan rambut yang cenderung selalu diikat dengan kencang pada saat menggunakan hijab. Jika tekanan yang dirasakan oleh rambut terasa kronik, bukan tidak mungkin kerontokan bisa berujung kebotakan.

Untuk menghindari masalah rambut rontok ketika berhijab, Gloria menyarankan, ada baiknya penataan hijab lebih variatif dalam sehari. “Pengaturan rambut juga jangan terlalu lama berfokus pada satu titik agar tekanan dapat diminimalisir,” tambah Gloria.

Selain itu, asupan nutrisi lewat makanan dan rutin berolahraga akan sangat membantu dalam menjaga kekuatan rambut. “Perbanyak makanan berprotein untuk memperkuat keratin yang adalah zat penting dalam membuat rambut yang sehat dan cantik,” ungkap Gloria.

Sementara olahraga memperlancar sirkulasi darah yang mambawa nutrisi ke rambut. Dengan demikian, nutrisi pada rambut dapat terpenuhi sehingga terhindar dari masalah kerusakan rambut, termasuk kerontokan.


|


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *