Atasi Naikknya Berat Badan Saat Puasa Dengan Cara Ini

Join-snafu.org – Kenaikkan berat badan akan selalu menjadi momok bagi kaum wanita ataupun pria yang akan menjadi satu masalah besar bagi pribadi mereka masing-masing. Terlebih pada saat bulan puasa seperti sekarang ini, dengan naikknya berat badan pasti akan membuat pusing.

Seperti yang dituturkan oleh Puteri Indonesia 2002 dan pelari marathon Melanie Putria jika yang menjadi satu alasan bobot naik selalu karena ‘lapar mata’ dan banyak alasan untuk berhenti berolahraga.

“Orang banyak yang jadinya malah naik berat badannya saat puasa, karena kenapa? Pas buka puasa segala macem dimakan, laper mata, jadinya malah inputnya lebih banyak dari outputnya. Nggak olahraga apalagi selama bulan Ramadan jadi excuse buat kita untuk nggak bergerak. terlalu capek ah, nggak mau ah ntar gue haus, ntar gue laper,” kata istri dari Angga Puradiredja, vokalis band Maliq & D’Essentials ini di kawasan Casablanca, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Melanie juga menyebutkan jika hal tersebut masih bisa dihindari dengan tetapi rutin melakukan olahraga yang bersifat ringan. Salah satunya dengan melakukan berjalan kaki di sekitar rumah setelah shalat subuh atau di sore hari sebelum berbuka puasa.

Selain itu, demi untuk supaya bobot tidak naik secara ganas, Melanie menyarankan untuk bisa lebih bijak dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Di mana kita cenderung tidak memperhatikan apa yang kita makan saat berbuka maupun sahur, hanya demi “tidak lagi merasa lapar”.

“Kalau kita bicara kuantitas, kita harus mengerti betul seperti apa kebutuhan kita porsinya. Tapi kalau kita bicara kualitas, nah itu yang kadang-kadang kita suka lupa. Kadang kita makan banyak tapi nggak ada nutrisinya sama sekali,” kata wanita keturunan Minang ini.

Saat berbuka, lebih baik pilih makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin. Jangan jadikan buah dan sayur hanya menjadi pelengkap atau pemanis saja, karena Melanie menegaskan bahwa manusia membutuhkan sekitar 5-6 porsi buah dan sayur setiap harinya.


|


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *