Penderita Psoriasis Tidak Perlu Khawatis Untuk Lakukan Kegiatan Diluar Ruangan

Join-snafu.org – Menjelang peringatan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus besok, para penderita psoriasis tidak perlu merasa khawatir. Kalian bagi para penderita psoriasis masih tetap bisa mengikuti upacara ataupun kegiatan yang lainnya diluar rumah.

Faktanya, dengan paparan sinar ultraviolet yang secara langsung didapatkan dari matahari justru malah bisa sangat bermanfaat bagi penderita penyakit autoimun tersebut.

Psoriasis adalah gangguan genetik yang menyebabkan kulit memiliki bercak merah, bersisik, kering, gatal, dan sakit. Dr Danang Tri Wahyudi SpKK(K) dari Rumah Sakit Dharmais, mengatakan bahwa sinar ultraviolet membantu mengurangi gejala penyakit tersebut.

“Untuk diketahui, penderita psoriasis bisa mendapatkan pengobatan di antaranya dengan penyinaran ultraviolet B, untuk mengurangi gejalanya. Kita beruntung karena kita punya matahari yang bersinar sepanjang tahun,” katanya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari sinar ultraviolet alami tersebut, dr Danang menyarankan agar pasien psoriasis mau menghabiskan waktu di luar ruangan, bahkan percaya diri untuk mengenakan pakaian yang tidak menutupi kulit dengan psoriasis.

“Itulah mengapa pasien psorisis justru kita bantu untuk percaya diri menggunakan baju atau celana pendek. Mereka yang tidak masalah dengan paparan sinar matahari, setiap hari kalau bisa disempatkan berjemur 10-15 menit. Kalau mau ikut merayakan kemerdekaan di luar ruangan pun nggak masalah,” pesannya.


|


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *