Anda pasti pernah mendengar berita mengenai anjing baung. Hewan inimasih menajdi misteri sebab wujudnya tidak dapat dipastikan. Namun, hal yang paling penting adalah mempertanyakan jika anjin ini nyata atau tidak. Istilah baung merujuk ke anjing yang berkeliaran dan memangsa bahkan menghisap darah ternak. Secara logika, sifat tersebut tidak dimiliki oleh anjing bahkan serigala sekalipun tidak beryindak seperti itu. Masyarakat sering melebihkan keadaan karena hal tidak biasa yang sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah. Penyebab lain adalah budaya dan kepercyaan

Terlepas dari apakah anjing tersebut ada, Anda pasti sering melihat anjing dengan bentuk aneh. Hingga kini ada ratusan breed atau ras anjing yang telah diketahui. Banyak dari mereka sudah mendapatkan sertifikasi sehingga disebut sebagai ras alami. Setiap ras punya ciri khas, sifat, dan karakteristik tersendiri termasuk ukuran tubuh. Anda kadang melihat seekor anjing dengan ukuran sangat besar. Bentuknya cukup mengerikan seolah siap memangsa. Tentu saja, pemilik sudah melatih dan memberikan penjagaan. Di sisi lain, ada juga anjing dengan ukuran mungil. Anjing jenis ini biasanya untuk kontes atau sekadar estetika. Pemilik memilih anjing berdasarkan kesenangan dan preferensi pribadi sehingga tidak ada kesepakatan mutlak jika satu ras dan lainnya adalah terbia. Selama Anda bisa menjaga dan memelihara dengan baik, anjing jenis apapun akan memberikan manfaat.

Untuk membuat ras baru, para breeded melakukan kawin silang. Misalkan ras golden retriever disilangkan dengan doodle. Cara ini akan menghasilkan crossbred bernama Mini Goldendoodle. Nama tersebut adalah gabungan dari nama ras yang menjadi indukan. Hasilnya sangat unik sebab puppy punya bentuk yang berbeda dengan indukan. Jika salah satu indukan punya gen kuat, sifat mereka akan menurun dan menonjol seketika. Sebaliknya, gen lemah sering menghilangkan karakteristik indukan. Untuk jenis anjing ini, Anda belum bisa menempatkannya sebagai ras terpisah. Butuh waktu agar anjing ini bisa memiliki ras tersendiri. Persilangan terus menerus akan menghasilkan breed baru. Inilah cara yang dilakukan ketika ingin mendapatkan anjing dengan karakteristik berbeda dari yang sudah ada.